Sabtu, 03 Juni 2017

Wisata Pulau Peucang Banten


Wisata Pulau Peucang Banten
Wisata Pulau Peucang Banten. Banten adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian paling barat Pulau Jawa. Selama ini Banten banyak dikenal dengan penangkaran badak bercula satunya yang termasuk sebagai salah satu kategori satwa langka. 

Ternyata selain memiliki wisata cagar alam yang mengedukasi, Banten juga mempunyai surga yang tersembunyi, Pulau Peucang Banten

Penamaan Pulau Peucang ini menurut sejarahnya diambil dari nama sebuah hewan yang sejenis dengan siput yang banyak di temukan di wilayah pantai Peucang ini. Hewan tersebut banyak disebut dengan istilah “mata peucang”. 

Maka dinamakanlah pulau ini sebagai Pulau Peucang. Namun jika dikaitkan dengan istilah “peucang” dalam bahasa sunda artinya menjadi kancil. 

Pulau Peucang terletak tidak jauh dari pesisir Provinsi Banten. Letaknya di selat Panaitan yang masih masuk ke dalam wilayah Pandeglang Banten. Luas pulau ini hanya sekitar 450 hektar. 

Hebatnya pulau ini masuk ke dalam salah satu situs warisan dunia yang diberikan oleh UNESCO. Hal ini disebabkan letaknya tidak terlalu jauh dari Balai Konservasi atau Taman Nasional Ujung Kulon

Pulau Peucang Banten ini berada di sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon. Oleh karena itu, pantai ini banyak dijadikan destinasi wisata selanjutnya oleh wisatawan yang baru saja berkunjung ke tempat penangkaran khusus badak bercula satu tersebut. 

Keindahan dan kearifan alam Pulau Peucang mampu menarik cukup banyak wisatawan untuk berkunjung. 

Untuk menikmati keindahan dan kearifan alam yang terbentang di Pulau Peucang ini anda harus melalui jalur laut melalui dermaga penyebrangan yang berada di Kec. Sumur. 

Untuk jaraknya, kecamatan Sumur berada sekitar 9 jam perjalanan (apabila normal) dari ibu kota. Hingga dermaga penyebrangan ini anda bisa memanfaatkan kendaraan pribadi atau sewaan. 

Jika anda lebih menyukai cara backpacker anda bisa menggunakan bis dari Kalideres untuk tujuan Labuan. Kemudian dari Labuan anda bisa menggunakan elf yang beroperasi hanya hingga sekitar pukul 3 sore. 

Jika melebihi pukul 3 sore anda bisa menyewa mobil lain untuk menuju ke Dermaga Sumur. Dari Dermaga Sumur tentu harus dilanjutkan dengan perjalanan Laut, menggunakan perahu nelayan. 
Wisata Pulau Peucang Banten
Adapun lamanya perjalanan dari dermaga ke bibir pulau Peucang adalah kira-kira 3 sampai 4 jam perjalanan, lamanya waktu perjalanan juga masih dipengaruhi oleh kondisi dan cuaca lautan yang tidak menentu. 

Rute tersebut khusus untuk anda yang mungkin belum pernah ke wilayah Banten sama sekali, rute menuju ke pulau Peucang yang lain sebenarnya masih ada yaitu melalu Pulau Umang. 

Di pulau ini anda bisa memanfaatkan fasilitas water sportnya untuk menuju ke Pulau Peucang. Untuk masalah biaya sebenarnya masih cukup terjangkau apalagi jika anda pergi berombongan anda mungkin tidak perlu mengeluarkan biaya lebih dari satu juta rupiah untuk tiket, transportasi, dan akomodasi. 

Namun jika ada tambahan kegiatan lain mungkin akan ada tambahan biaya lain persiapkan dana  minimal dua juta rupiah untuk keseluruhan liburan anda di Pulau Peucang Banten.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Baca Juga : Wisata Pulau Peucang Banten



Tentang - Iklan - Kebijakan | Copyright © BantenWisata.com