Rabu, 15 November 2017

Wisata Kampung Suku Baduy Banten


Wisata Kampung Suku Baduy Banten
Wisata Kampung Suku Baduy Banten. Indonesia merupakan negara yang kaya dengan sumber daya alam dan budaya. Berbagai macam suku dan budaya serta dengan kekayaan alamnya hidup berdampingan di Indonesia.

Tak jarang kekayaan budaya dan alam di suatu daerah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjunginya.

Provinsi Banten terkenal dengan banyaknya objek wisata. Mulai dari wisata alam hingga wisata religi ada di provinsi ini.

Berbicara tentang kekayaan budaya, provinsi ini pun tidak kalah kekayaan budayanya. Mungkin anda sering mendengar suku Baduy. Sebuah suku yang hidup di pedalaman Banten.

Suku Baduy merupakan suku yang hidup secara terisolir dari dunia luar. Mereka hidup secara sederhana dan menyatu dengan alam.

Alam yang masih alami dan budaya yang ditawarkan oleh kampung suku Baduy menjadi daya tarik wisata tersendiri bagi daerah ini.

Kampung wisata suku Baduy terletak di desa Cibeo kabupaten Lebak. Sekitar 40 Km dari Rangkasbitung. Wisata kampung suku Baduy merupakan wisata alam sekaligus wisata budaya.

Dimana anda dapat menikmati alamnya yang masih asri serta mengenal lebih jauh budaya suku Baduy yang terlihat masih tradisional sekali.

Suku Baduy sendiri terdiri dari 2 macam. Yaitu suku Baduy luar dan suku Baduy dalam. Secara penampilan, suku Baduy dalam memakai baju dan ikat kepala serba putih. Sedangkan suku Baduy luar memakai pakaian hitam dan ikat kepala berwarna biru.

Secara budaya, suku Baduy dalam lebih teguh memegang adat istiadat suku mereka, sedangkan Baduy luar sudah mulai terpengaruh dengan budaya dari luar.

Persamaan dari keduanya, mereka pantang untuk menggunakan alas kaki, teknologi modern dan transportasi modern. 
Wisata Kampung Suku Baduy Banten
Salah satu daya tarik berwisata di kampung suku Baduy adalah kealamian alam tempat mereka tinggal. Suku Baduy dapat tinggal tanpa intervensi dari dunia luar, tanpa campur tangan dunia luar yang dapat merugikan mereka.

Perjalanan dimulai dengan berjalan kaki tanpa kendaraan. Sangat dianjurkan untuk menggunakan jasa pemandu wisata. Karena pada perkampungan baduy terdapat adat istiadat dan pantangan yang harus dipatuhi oleh semua yang berada di dalamnya termasuk pengunjung.

Ketika baru memulai perjalanan, anda akan melihat rumah-rumah suku baduy luar dan bila beruntung anda dapat berfoto bersama mereka.

Lanjut berjalan lagi anda akan menemui jalur yang sedikit berbatu dan naik turun. Anda juga akan melewati banyak sungai kecil dan lumbung milik suku Baduy.

Rumah rumah di perkampungan Baduy masih terbuat dari bambu dan ijuk serta semuanya menghadap ke arah yang sama.

Sebelum masuk ke perkampungan Baduy Dalam anda akan melewati sebuah jembatan kayu yang tidak terlalu lebar.
Wisata Kampung Suku Baduy Banten
Wilayah Baduy Dalam masih sangat alami dan lebih sepi dibandingkan wilayah Baduy Luar. Di wilayah ini anda akan di manjakan dengan pemandangan perbukitan yang masih hijau dan sungai yang masih jernih.

Anda akan terkagum-kagum dengan bagaimana cara suku Baduy bisa hidup menyatu dengan alam dan menjaganya agar tidak rusak.

Di akhir perjalanan, anda akan menginap di rumah suku Baduy Dalam. Bawalah makanan untuk dimasak disana.

Disini anda tidak diperkenankan untuk menggunakan teknologi modern juga tidak boleh menggunakan bahan-bahan kimia untuk membersihkan diri. Anda akan benar-benar hidup dengan alam.

Lihat juga: Wisata pulau umang.

Untuk mencapai kampung suku Baduy, anda harus menuju Rangkasbitung terlebih dahulu. Untuk menuju Rangkasbitung anda dapatmenggunakan kendaraan umum seperti kereta atau bis. Anda juga dapat menggunakan kendaraan pribadi.

Setelah sampai di Rangkasbitung, anda harus melanjutkan perjalanan menuju Ciboleger. Sesampainya di Ciboleger, anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Semua kendaraan diharuskan untuk ditinggal.

Wisata ke kampung suku Baduy ini sangat cocok untuk anda yang menginginkan wisata alam dan budaya suku pedalaman namun mengeluarkan biaya yang murah dan jarak yang relatif dekat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Baca Juga : Wisata Kampung Suku Baduy Banten



Tentang - Iklan - Kebijakan | Copyright © BantenWisata.com