Rabu, 15 November 2017

Arung Jeram Sungai Ciberang Banten


Arung Jeram Sungai Ciberang Banten
Arung Jeram Sungai Ciberang Banten. Taukah anda bahwa di provinsi Banten terdapat banyak objek wisata? Mulai dari wisata alam seperti pantai dan danau hingga wisata religi dan wisata bersejarah. Salah satu yang tidak terlalu banyak irang tahu adalah wisata rafting di sungai Ciberang.

Pamornya mungkin kalah dengan wisata pantai Anyer, Carita dan Tanjung Lesung yang banyak dikunjungi warga Banten dan luar Banten. Atau dengan pantai di desa Sawarna yang terkenal indah dan sedang banyak dibicarakan di media sosial karena keindahannya tersebut.

Namun meski begitu, wisata ini tidak berarti sepi peminat. Masih banyak wisatawan yang datang kesini untuk menikmati wisata alam di sungai Ciberang.

Tentunya tidak hanya sekedar wisata alam. Anda dapat menikmati alamnya yang asri sambil memacu adrenalin dengan rafting menyusuri sungai Ciberang.

Wahana arung jeram atau rafting saat ini tidak lagi sulit ditemui di beberapa sarana rekreasi di kota-kota besar dengan adanya wahana arung jeram buatan.

Namun jika anda ingin menikmati sensasi arung jeram sambil menikmati alam sekitar yang masih asli, arung jeram di sungai Ciberang bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Sungai Ciberang terletak di kampung Muhara desa Ciladaeun kecamatan Lebak Gedong kabupaten Lebak provinsi Banten. Letaknya yang agak sedikit ke pedalaman Banten membuat alam sekitarnya terjaga dan masih asri nan alami.
Arung Jeram Sungai Ciberang Banten
Sungai yang terletak di kampung Muhara ini biasa disebut dengan nama sungai Ciberang. Sungai Ciberang ini menyediakan beberapa jalur pengarungan baik untuk pemula yang hanya sepanjang 700 meter atau untuk anda yang ingin memacu adrenalin maksimal disediakan jalur sepanjang 25 Km yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 5 jam.

Ada belasan riam yang terletak di sungai Ciberang dan masing-masing riam memiliki karakteristiknya masing-masing.

Selama menyusuri sungai Ciberang anda akan dimanjakan pemandangan hijaunya pepohonan Taman Nasional Gunung Halimun yang masih asri dan alami.

Pemandangan alami tersebut menjadi salah satu daya tarik arung jeram di Sungai Ciberang ini. Belum lagi kesempatan menyaksikan beragam aktivitas warga saat melewati kampung demi kampung. 
Arung Jeram Sungai Ciberang Banten
Anda tidak bisa berenang? Jangan khawatir, karena bisa berenang bukanlah syarat mutlak untuk bermain arung jeram. Tinggal mengikuti instruksi dan prosedur keamanan dari pemandu yang berpengalaman maka anda siap mengarungi sungai.

Rafting atau arung jeram di sungai Ciberang ini dikelola oleh Banten Rafting Ciberang (BRC) yang mana operator dan pemandunya adalah orang-orang profesional yang sudah berpengalaman dalam dunia arung jeram atau rafting.

Jadi tidak usah ragu dan takut akan keamanannya. Meski begitu anda harus tetap berhati-hati khususnya untuk pemula yang baru pertama kali melakukan arung jeram.

Untuk paket wisata arung jeram, BRC menyediakan paket. Yang tiap paketnya berbeda tingkat kesulitan dan jarak. Mulai dari paket 700 m yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 20 menit hingga paket yang berjarak 25 Km yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 5 jam.

Harga yang ditawarkan pun variatif. Mulai Rp 50.000 hingga Rp 350.000 per orang. Ada pula paket lengkap yang bertarif Rp 205.000 per orang, dimana anda akan berkesempatan mengarungi rute sepanjang 11 Km plus minuman selamat datang, makan siang dan sajian es kelapa muda. Setiap perahu dapat diisi minimal 3 orang dan maksimal 5 orang. Setiap perahu akan didampingi pemandu dari BRC.
Arung Jeram Sungai Ciberang Banten
Jika anda ingin mengunjungi sungai Ciberang untuk berwisata alam serta memacu adrenalin, ada 2 jalur yang dapat ditempuh bila anda dari Jakarta/Tangerang.

Jika dari Jakarta/Tangerang anda dapat menempuh jalur  Serang–Pandeglang-Rangkas Bitung-Cipanas-Kampung Muhara. Atau dari Jalur kedua Tigaraksa-Tenjo-Jasinga-Cipanas-Muhara.

Jika anda dari Jakarta/Bogor ada pula jalur dari Bogor melalui Leuwiliang-Jasinga-Cipanas-Muhara. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 3 jam. Wisata rafting di sungai Ciberang merupakan pilihan yang tepat untuk anda yang ingin berwisata alam sambil memacu adrenalin.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Baca Juga : Arung Jeram Sungai Ciberang Banten



Tentang - Iklan - Kebijakan | Copyright © BantenWisata.com